Accommodation

Jonker Inn, hotel strategis dekat Jonker Street Melaka.

Berencana liburan ke Malaysia? Tapi lagi bosan ke KL? Then you should try going to Malacca. Hanya memakan waktu kurang lebih dua jam setengah berkendara dari Kuala Lumpur. Kamu bisa menyewa mobil ataupun naik bus kesini. Tapi kalau kamu dari Riau kamu bisa langsung ke Melaka melalui jalur laut via Pelabuhan Dumai atau Bengkalis. Dekat saja, tinggal nyebrang.

Melaka yang pada abad ke 15 dan 16 menjadi pusat beradaban melayu itu kini sudah menyandang status World Heritage Site dari Unesco pada tahun 2008. Ya, Melaka adalah kota yang sangat menarik untuk dikunjungi untukku. Ditambah lagi objek-objek wisatanya saling berdekatan. Dan jika kamu kesini, sangat penting untuk memilih hotel yang strategis seperti di sekitar Jonker Street, sebuah jalan utama di kawasan China Town, Melaka.

Jonker Inn, strategic affordable hotel near Jonker Street.

Kenapa memilih hotel yang terjangkau dan strategis sangat penting jika ke Melaka? Karena kamu pasti ga mau kan buang-buang waktu diperjalanan untuk menjelajahi Melaka hanya karena kamu salah pilih lokasi hotel?. Maka Jonker Inn yang terletak tak jauh dari Jonker Street bisa jadi pilihan tepat buat kamu.

Jonker Inn, rekomendasi hotel di Melaka City Center. Walau terlihat jadul dari luar tetapi fasilitasnya cukup modern dan nyaman.

Bangunan yang terlihat hanya seperti satu unit ruko khas Tionghoa lama adalah penampakan bagian luar dari hotel ini. Tapi kamu jangan salah, walau dari luar terlihat jadul, tetapi fasilitasnya cukup modern dan nyaman seperti hotel pada umumnya. Private Bathroom, air conditioner, water heater, tv, wifi dan basic amenitiespun lengkap.

Sewaktu belum berangkat dan googling Jonker Inn ini, aku terkesima dengan penampakan luarnya, dan tidak memperhatikan foto-foto fasilitas yang ditawarkannya. Dan ternyata, setelah menginap aku cukup terkesan dengan fasilitas yang cukup nyaman untuk beristirahat setelah keliling kawasan Melaka City Center sambil berjalan kaki.

Ruangan Receptionist
Kamar Kami di Jonker Inn

Yang Menarik jika kamu menginap di Jonker Inn

Buat kamu yank anak IG banget, kamu pasti bakal kalap foto-foto dikawasan ini. Baru keluar dari Jonker Inn aja ada banyak banget spot yang bisa dijadiin tempat untuk kamu foto-foto. Buat kamu yang senang hunting street photography juga bakal puas banget disini. Karena sisi kiri dan kanan jalan ini berdiri deretan bangunan-bangunan tua khas Tionghoa yang sekarang beroperasi sebagai toko, cafe, ataupun penginapan.

Jalanan ini sebenarnya bernama Hang Jebat, namun lebih terkenal dengan nama Jonker Street. Jalan ini membentang tepat di seberang sungai dari Dutch Square. Disisi kiri dan kanan jalan ini berdiri rumah-rumah bersejarah yang sudah ada sejak abad ke 17. Pada saat itu, para Baba dan Nyonya yang cukup kaya (dikenal juga dengan peranakan, keturunan imigran Tionghoa abad ke 15 dan 16 yang menikahi orang melayu setempat) tinggal dan melakukan bisnis dikawasan ini. Sehingga tidak heran jika kawasan ini dikenal sebagai China Town nya Melaka.

Kalau kamu menyukai galery dan museum, kamu bisa menemukan tak hanya satu, tapi ada beberapa galery yang bisa kamu sambangi di sepanjang Jonker Street. Berikut toko-toko souvenir dan cenderamata yang memikat hati bisa kamu temui bertebaran di jalan ini.

Jonker Walk, Night Market

Ketika sudah puas menjelajahi Jonker Street di pagi dan siang hari, maka sebaiknya kamu balik ke hotel untuk beristirahat sebentar, karena Jonker Street akan lebih meriah ketika malam hari khususnya saat weekend.

Jika kamu berkunjung ke Melaka saat weekend, jangan sampai melewatkan Jonker Walk Night Market. Sepanjang jalan Jonker akan ditutup pada malam hari, khususnya Jumat dan Sabtu malam. Dan jika kamu menginap di Jonker Inn, tepat saat kamu keluar hotel kemeriahan night market ini akan langsung menyambutmu.

Bring your camera with you! Ada banyak moment yang bisa kamu abadikan kalau kamu rela berdesak-desakan. Kalau aku sih sempat membawa kamera, tapi karena night market di Jonker street itu cukup ramai, aku bahkan tak sempat mengambil beberapa gambar yang menarik saking padatnya.

Tapi buat kamu yang hobi kulineran dan berburu pernak-pernik maka Jonker Walk Night Market adalah surga buat kamu, terutama buat kamu yang non muslim. Soalnya ada banyak kuliner khas peranakan yang bisa kamu cicipi. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan uang cash yang cukup jika kamu berencana untuk kalap jajan ya.

Jonker Walk Night Market. Photo doc. wikipedia

Tempat Wisata yang bisa dituju sambil berjalan kaki dari Jonker Inn

Selama menginap di Jonker Inn, aku dan teman-teman mengelilingi banyak destinasi wisata dengan berjalan kaki. Kecuali saat menyusuri sungai Melaka ya, gila aja. Eh tapi bisa ding, karena side walknya sangat rapih, tapi aku dan teman-teman kala itu memilih menaiki Melaka River Cruise.

Dari penginapan, lalu menyusuri Jalan Jonker, ada banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa ditempuh sambil berjalan kaki. Maka jangan lupa kenakan sepatu yang nyaman ya.

Yang wajib kamu singgahi di Melaka adalah A Famosa benteng yang dibangun oleh Portugis pada tahun 1511. Stadthuys yang merupakan bangunan kantor administratif peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1650 ini juga merupakan spot wajib para wisatawan yang berkunjung ke Melaka. Bangunan yang mudah dikenali dari warna bangunannya ini berada dikawasan Red Square, karena Gereja Kristus (Christ Church) yang berwarna sama juga berdiri tegak tak jauh dari gedung bekas perkantoran tersebut. Selanjutnya ada Gereja St. Paul yang terletak berdekatan dengan A Famosa. St. Paul Church dibangun pada tahun 1521 dan berada diatas bukit, dimana kita bisa melihat bentangan kota Melaka dari ketinggian.

Pokoknya seru deh berkeliling Melaka sambil berjalan kaki. Selain tempat-tempat yang aku sebutin diatas, masih ada banyak tempat menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi selama di Melaka, sepertinya seluruh kota adala tempat wisata yang sangat menarik.

Dan kalau kamu mau menginap di Jonker Inn kamu bisa booking via platform pemesanan hotel pada umumnya loh. Harganya juga cukup affordable untuk penginapan yang dekat dari objek wisata di Melaka.

Jonker Inn beralamat di Jl. Tokong No. 90, Melaka City Center

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *