berpesiar.net
Accommodation

The Hut at Serkam, nikmati suasana penginapan bernuansa kampung di Melaka

Hari sudah cukup sore ketika kami tiba di kota Melaka. Perjalanan dari bandara KLIA 2 yang kami tempuh menggunakan bus memakan waktu dua jam lebih. Buatku, ini pertama kalinya menyambangi kota yang namanya tak asing bagi masyarakat Melayu Riau.

Tujuan kami adalah Kampung Serkam, yang jaraknya sekitar dua puluh menit dari Melaka Sentral Bus Terminal. Jalanan sore Melaka kala itu cukup ramai, dikarenakan long weekend dan bersempena hari jadi Malaysia sehingga banyak kendaraan yang datang ke Melaka untuk berpesiar. Dari driver Grab yang mengantar kami menyebutkan bahwa Melaka merupakan tujuan perpelancongan warga Malaysia dari Kuala Lumpur dan kota lainnya karena suasananya yang tenang dan jauh dari kebisingan kota.

The Hut at Serkam

Jalanan yang tadinya ramai mulai lengang, suasana di kiri dan kanan kami pun mulai perlahan memasuki kawasan pemukiman warga. Rumah-rumah dengan halaman cukup luas silih berganti kami lewati, sebuah pemandangan yang mulai jarang terlihat di Pekanbaru.

Selang tak lama azan maghrib berkumandang, kamipun sampai di tujuan. Tempat kami menginap hari itu terletak di pinggir jalan M108, Kampung Serkam Timur. Plang The Hut at Serkam menggantung di pintu pagar masuk yang sore itu tengah menunggu pemiliknya untuk dibuka.

Bapak yang bertugas menjaga pondokan itu tiba tepat disaat punggung kami mulai meronta minta dibaringkan. Ketika lampu penerangan dinyalakan barulah nampak oleh kami kamar-kamar yang berbaris rapi disisi kiri, serta kolam renang ukuran anak kecil terbentang di ujung halaman bersisian dengan ruang makan.

The Hut menawarkan tempat penginapan yang unik dikelilingi perkampungan Melayu, selaian udara yang nyaman dan penuh dengan nilai-nilai tradisi. Bangunan serupa pondok-pondok berdinding kayu dan beratap nipah ini memperkuat suasana perkampungan yang menyelimuti penginapan ini.

The Hut sendiri terletak 25 km ke selatan Bandar Melaka dan 5 km ke utara Bandar Merlimau sangat sesuai dijadikan tujuan liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Fasilitas yang ditawarkan

Penginapan dengan suasana kampung yang nyaman ini menyediakan lima buah kamar dengan spesifikasi; dua kamar dengan queen size bed dan tiga kamar lainnya dengan dua single bed. Fasilitas yang terdapat didalam kamar juga cukup lengkap dengan air conditioner, kamar mandi di dalam, serta basic amenities lainnya.

Selain itu , kalau kamu ingin mengelilingi kampung dengan bersepeda tidak perlu repot membawa sepeda dari rumah karena The Hut menyediakannya. Bahkan jika kamu dan teman-teman ingin barbeque-an pun tidak masalah, karena ada area BBQ yang disediakan.

Kalau nginap disini siap-siap untuk self service ya, karena ada dapur dan peralatannya yang bisa kamu gunakan, tapi jangan lupa untuk dibersihkan kembali. Untuk sarapan pagi juga disediakan seperti roti, mentega, selai, kopi dan teh tapi ya kamu harus menyiapkannya sendiri.

What to do in Kampung Serkam

Kampung Serkam yang terletak di Jasin District, Melaka ini sesungguhnya terletak dekat dengan laut. Maka tak heran banyak orang datang ke Serkam untuk mencicipi ikan bakar yang terkenal enak dan segar disini.

Kamu bisa menyewa sepeda dari The Hut untuk kemudian berkeliling kampung di pagi hari dan tak lupa mengunjungi Masjid Jamek Serkam yang berjarak kurang lebih 200 m dari The Hut. Setelahnya kamu bisa berkunjung ke Medan Ikan Bakar Serkam yang berjarak 500 m dari penginapan.

Mesjid Jamek Serkam
Medan Ikan Bakar Serkam

Serkam tampaknya jadi surga bagi orang-orang yang menyukai seafood, karena tak hanya satu tempat makan dengan aneka ikan laut segar yang dapat kamu temui di Serkam.

Jeti Nelayan Pantai Siring (2 km)
Medan Ikan Bakar Umbai (6 km)
Medan Ikan Bakar Muara Sg. Duyung (14 km)

Setelah puas mencicipi berbagai suguhan ikan bakar di sekitaran Kampung Serkam, kamu bisa berkeliling lokasi menarik lainnya di Melaka. Seperti berkunjung ke Makam Tun Teja, mengajak anak dan keluarga bermain ke Jasin Hot Spring yang terletak lebih kurang 20 km dari The Hut atau berkeliling di Melaka City Central, kota tua di Melaka yang telah mendapat status World Heritage Site oleh Unesco ini hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit berkendara dari penginapan loh.

Makam Tun Teja
Jasin Hot Spring
Melaka City Central

Jika ingin reservasi kamu bisa langsung ke websitenya The Hut at Serkam loh ya teman-teman, atau bisa ke akun instagramnya mereka:

email: thehutmalaysia@gmail.com
Fb: @thehutmalaysia
IG: @thehutmalaysia
Contact: +60 12 320 2611 (Mr. Khairul)

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *